Top Social

Jumat, 26 Oktober 2018

Sambungan Pipa T Area Siku Bocor? Atasi dengan Cara Ini




Pipa menjadi salah satu elemen penting dalam kehidupan kita saat ini, terlebih untuk mengalirkan air. Kalau sudah berbicara pipa, patinya kita juga butuh sambungan untuk pipa dong. Saat ini, sudah banyak sambungan pipa yang luas digunakan. Mulai dari T atau tee, flange, elbow, dan lain-lain. Kebanyakan menggunakan pipa PVC yang berfungsi untuk mengalirkan air bersih. Meskipun pipa PVC terkenal rapat, tetapi masih ada pula kemungkinan bocor di area siku pipa T. Bagaimanakah cara mengatasi kebocoran tersebut?

Pahami Sebabnya
Bocor yang terjadi pada pipa sambungan itu acapkali dikarenakan adanya retakan atau lubang karena sudah lama digunakan. Alhasil, meski lubang atau retak dalam ukuran kecil, tetap saja bisa jadi masalah serius. Dengan tekanan air yang deras, volume air yang seharusnya digunakan untuk mandi, memasak, dan lainnya jadi terbuang sia-sia.

Bahan dan Alat yang Perlu Digunakan
Selain membeli sambungan pipa baru, sebetulnya masih bisa diupayakan dengan menggunakan alat serta bahan khusus. Mulai dari gunting, lem RUGlue atau lem uPVC yang biasa digunakan untuk penambalan pipa air bersih. Jangan lupa pula siapkan selang ukuran 6 sentimeter dan lem silikon jika punya di rumah.

Proses Penerapannya
Selang yang kamu siapkan itu sebaiknya langsung potong jadi 2 bagian. Panjang masing-masing adalah 3 sentimeter. Setiap potongan wajib dibelah sehingga membentuk lembaran. Setelah itu, gunting salah satu ujung dengan cara melengkung. Baik secara vertikal maupun horizontal pada sambungan T pada pipa PVC.

Segera oleskan lem ke bagian retak atau bocor atau berlubang yang menjadi masalah utama. Setelah itu, segera tempelkan selang secara vertikal ke area bocor. Kamu harus memastikan, apakah selang tersebut sudah menutup area tersebut atau belum. Minimal yakin jika tambalan tersebut mampu menahan tekanan air yang datang.


Soalnya kalau kamu menggunakan air dari PAM, tekanannya itu sangat kuat. Apalagi kalau malam-malam yang biasanya sedikit digunakan oleh konsumen. Untuk memastikan, oleskan kembali lem pada sisi-sisi potongan selang tadi secara merata.

Setelah itu, oleskan pada potongan selang selanjutnya. Lalu tempelkan dengan cara horizontal dan menempel pada potongan selang pertama. Oleskan kembali ke sisi-sisi selang kedua dengan tujuan untuk memastikan penerapan lem sudah betul-betul merata. Terakhir, gunakan lem silikon ke area tambalan jika di rumah ada.

Pembelian pipa T baru dilakukan ketika kamu menemui jalan buntu. Ketika bocor terjadi pada sambungan T, setidaknya kamu butuh 1 pipa 1, beberapa cm pipa PVC, serta 3 sambungan pipa lurus. Tujuannya agar bisa mempermudah proses penambalan pada area siku atau belokannya. Apalagi kalau kamu belum profesional di bidang plumbing.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar