Top Social

Kamis, 29 Agustus 2019

Tips dan Trik Ngeblog Menggunakan WordPress

Pertama kali ngeblog sampai sekarang aku masih menggunakan platform blogspot, tapi sudah kepikiran untuk migrasi ke WordPress. Namun waktunya belum pas karena memang lagi fokus ngurusin thesis. Meskipun begitu aku sudah banyak baca tentang WordPress ini dan seberapa banyak yang sudah aku pelajari.

Nah kebetulan kemaren ada beberapa teman yang bertanya tentang ngblog di WordPress ini. Berhubung aku tidak akan sempat jika harus menjelaskan ke setiap orang, jadi mendingan aku tulis aja nih di blogku. Well, kali ini aku akan membahas tentang tips dan trik ngeblog menggunakan WordPress.



Tips dan Trik WordPress

1. Masukkan dasar-dasar pertama saat bekerja dengan WordPress

Saat ingin membangun sebuah rumah tentu kita harus memiliki pondasi yang kuat agar rumah tersebut menjadi kokoh. Begitu juga dengan bekerja di WordPress. Kalau mau membangun situ web yang bagus tentu kita harus memulainya dengan landasan yang kuat. Memiliki pengetahuan dasar tentang WordPress adalah salah satu yang paling penting.

WordPress memiliki aturan-aturan, namun tenang saja aturannya praktis sehingga membuatnya sederhana. Platform ini memiliki banyak fitur yang membuat para pemula mudah untuk menggunakannya. Ada banyak sekali plugin yang tersedua, namun hanya beberapa saja yang akan meningkatkan dan dibutuhkan oleh situsmu.

Untuk para memula, berikut plugin yang harus kami miliki:
Jetpack oleh WordPress.com
Akismet yaitu Anti-spam atau plugin pemfilter spam lainnya untuk komentar
Yoast SEO yaitu alat SEO lain untuk mengukur pengoptimalan situs yang kamu miliki

Untuk beberapa kondisi, mungkin saja kamu tidak membutuhkan semua fitur di plugin, misalnya Jetpack. Jadi kamu bisa membuangnya dan pastikan plugin yang terpasang hanyalan yang dibutuhkan saja. Pengurangan plugin ini sangat bermanfaat untuk mengurangi waktu muat dan optimalisasi situs web. Eh tapi kalau kamu memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, kamu bisa memilih penyedia Hosting Indonesia yang sudah memiliki fasilitas Could Based Hosting sehingga dalam segi skalabilitas akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Shared Hosting biasa.

Dan dasar yang paling penting lainnya adalah optimalisasi SEO karena ini akan berpengaruh kepada kualitas situs kita di mata mesin pencarian.

2. Memasang Sorotan pada SEO

Setelah memasang plugin SEO kamu harus tahu bagaimana optimasi mesin pencari yang baik. Ini sangat berguna untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web yang kamu punya. Oh ya memiliki dasar-dasar SEO sebelum memutuskan untuk memiliki web adalah salah satu hal yang penting banget loh. Kenapa? Ya tentu saja karena dapat sangat membantumu dalam membangun web ini.

Kalau sama sekali tidak tahu tentang SEO bagaimana? Tenang, ada banyak artikel-artikel yang membahas tentang dasar-dasar SEO ini, atau kamu bisa belajar secara khusus dengan orang yang paham SEO ini. 

3. Mengunduh WordPress di Ponsel

Hampir setiap dari kamu pasti mempunyai gadget kan? Nah manfaatkanlah gadget itu secara bijak untuk hal-hal yang berguna salah satunya dengan mengunduh WordPress di ponsel. Dengan adanya WordPress di ponsel akan sangat membantu dalam mengerjakan banyak hal yang berhubungan dengan WordPress di manapun.

4. Memperhatikan Kecepatan Situs

Pernah tidak kalian membuka suatu web atau blog namun lama sekali terbukanya? Kalau sudah begini biasanya apa yang kalian lakukan? Yaa kebanyakan orang sih pasti akan meninggalkan situs web tersebut dan beralih ke yang lainnya. Benar kan? Tentunya kamu tidak akan mau kalau terjadi hal ini pada web atau blogmu. Jadi memperhatikan kecepatan situs juga merupakan hal yang sangat penting. 

Bagaimana sih cara mempercepat situs web?
- Mengurangi ukuran gambar sehingga  akan termuat lebih cepat meskipun koneksi yang lambat.
- Gunakan plugin beban sehingga gambir hanya memuat ketika pembaca menggulirnya.
- Hapus plugin yang tidak diperlukan karena ini sangat berpengaruh kepada kecepatan website.
- Hindari memasukkan grafik atau file video dengan kapasitas yang besar.

Selain itu saat memilih WordPress Hosting sebaiknya kamu memilih yang sudah di optimalkan dengan CouldPOP contohnya seperti WordPress Hosting dari Qwords. Mengapa? Karena Hosting kamu akan didesain khusus untuk pengguna WordPress dan mendapat ekstra CouldPOP agar dapat menghasilkan performa yang tebaik. Oh ya, Qwords juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya, seperti penyimapanan yang sudah menggunakan SSD berkecepatan tinggi, sudah didukung oleh CouldFlare, didukung oleh HTTP2 dan SSL secara gratis.

WordPress Hosting dari Qwords ini juga sudah didukung oleh cPanel Control Panel dengan dukungan Ekstra Litespeed Apache yang akan membuat website kamu akan semakin cepat diakses. Di sini juga kamu akan bebas mengatur limit dan bersi PHP yang kamu ingin gunakan di WordPress Hosting. Oh ya, kamu juga akan mendapatkan gratis percobaan selama 30 hari dan gratis migrasi dari provider manapun loh.

5. Meningkatkan Keamanan

Di zaman serba online ini semua dapat diakses dengan mudah termasuk data pribadi, jadi sangat penting bagi kita untuk tetap peduli dengan keamanan dan privasi online. Platform WordPress ini menawarkan banyak plugin untuk membantu dalam memberikan keamanan yang tinggi. Saat kamu membuat kode dari nol, kamu bisa membuat plugin keamanan yang lebih baik secara gratis.

Nah itu tadi lima tips dan trik ngeblog menggunakan WordPress. Semoga bermanfaat yaa :)





Baca Juga: Tips memilih nama Domain
Be First to Post Comment !
Posting Komentar