Top Social

Sabtu, 17 Agustus 2019

Tips Memilih Nama Domain yang Mudah dan Tepat

Kamu yang memiliki atau ingin memiliki blog, pernah mengalami bingung dalam memilih nama domain yang cocok gak sih? Kalau ia mari kita toss. Aku dan mungkin hampir banyak blogger juga mengalaminya. Tidak hanya blogger personal yang mengalami kebingungan dalam memilih blog, beberapa temanku yang ingin membuat website untuk usaha yang mereka jalani juga mengalami hal yang sama.

Beberapa hari yang lalu ada teman yang berkata “Kamu sudah punya blog 2 tapi masih juga bingung memilih nama domain?”

Menurutku wajar sih bila beberapa orang mengalami kebingungan dalam memilih nama domain. Kenapa? Karena nama domian ini akan berpengaruh banget untuk branding kita selanjutnya dalam menjalankan usaha atau blog pribadi.  Bisa dibayangkan buka kalau kita salah dalam memilih nama domain? Wah bisa-bisa website yang kita miliki susah bankan tidak dikenal orang.

Sebelum membahas tips memilih nama domian, kita terlebih dahulu harus mengetahui jenis-jenis dan contoh domain yang banyak digunakan.



Jenis dan Contoh Domain

Ada banyak jenis domain berdasarkan eksistensinya, namun pada blogpost kali ini saya akan membahas tentang domain yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis dan perorangan. Domain tersebut merupakan Top Level Domain (TLD).

TLD ini merupakan akhiran atau segmen terakhir dari sebuah nama domain. TLD dibedakan menjadi dua, antar lain;
1. Generic Top Lever Domain (gTLD)
.com : untuk situs komersial
.biz : untuk situs bisnis
.info : untuk situs informasi
.edu : untuk situs pendidikan
.org : untuk situs organisasi
.gov : untuk situs pemerintah
.mil : untuk situs militer

2. Country Code Top Level Domain (ccTDL)
.id : untuk situs di negara Indonesia
.us : untuk situs di negara Amerika
.uk : untuk situs di negara Inggris
.sg : untuk situs di negara Singapura
.my : untuk situs di negara Malaysia
.cn : untuk situs di negara Cina/Tiongkok

Lalu apa sih yang harus kita lakukan untuk memilih nama domain yang sesuai? Oke baiklah aku akan menjelaskannya kepada kalian.

Tips Memilih Nama Domain

1. Mudah diingat
Seperti yang sudah disebutkan di atas, nama domain yang kita pilih akan menjadi branding bagi kita sebagai pebisnis maupun blogger personal. Bisa dibilang nama domain ini nantinya akan menjadi “nama panggung” bagi si pemilik website. Nah karena hal tersebut, pilihlah nama domain yang mudah diingat, unik dan menarik. Kamu bisa menggabungkan dua kata yang membentuk kata baru yang unik agar mudah diucapkan dan diingat, misalnya instagram, facebook, dll. Harus diingat, jangan sampai kata baru yang kamu ciptakan malah membuat nama domain yang kamu pilih susah dieja agar orang lain tidak susah mencari website mu.

2. Tergabung
Nama domain bisa terdiri dari dua kata yang digabungkan sehingga membentuk kata baru yang unik. Namun ada hal penting yang harus kamu ingat dalam memilih nama domain, jangan memisahkan kedua kata tersebut. Kenapa? Karena jika nama domain kita dipisahkan atau menggunakan tanda pemisah (-) maka domain tersebut akan bernilai jelek menuruk SEO dan tentu saja susah untuk branding. Kalian pasti tidak mau dong kalau esistensi dan kredibilitas website yang kamu miliki jadi berkurang. Jadi pastikan nama domain yang terdiri dari dua kata harus digabung ya.

3. Cek dahulu
Sebelum memilih nama domain jangan lupa untuk cek terlebih dahulu. Jangan sampai ada website lain yang memiliki nama domain yang sama atau hampir mirip dengan domain yang kita miliki. Kalau ada domain dengan nama yang sama atau mirip maka kamu harus mengganti nama domain kamu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bagaimana cara cek nama domain ini? Mudah kok, kamu cukum mengetik nama domain yang kamu inginkan di google atau sosial media. Kalau ada yang sama maka segeralah mencari nama domain lainnya.

4. Beli domain di tempat terpercaya
Saat akan membeli barang, tentu kita akan memilik toko yang terpercaya. Hal ini juga berlaku saat kita akan beli domain. Kita harus memilih tempat yang terpercaya seperti Qwords.com untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.  Apa sih yang membuat Qwords yang bisa menjadi pertimbangan dalam membeli domain:

- Domain langsung aktif
Setelah kita selesai melakukan pembayaran dan melampirkan syarat pendaftaran (jika ada), layanan domain yang kita beli akan segera aktif dalam waktu kurang dari 15 menit.

- Harga Domain Terhemat
Qwords memberikan harga domain murah dan tentu saja paling hemat untuk nama domain Indonesia dan Internasional. Selain itu Qwords juga sering memberikan promo dan potongan harga laingsung untuk eksistensi domain pilihan.

- Layanan Bantuan 24 Jam dengan Respon cepat
Saat mengalami kendalan atau kesulitan, kamu bisa langsung menghubungi staff ahli Qwords. Tim Customer Service and Technical Support akan siap membantu 24 jam melalui live chat, call center dan support ticket.

- Qwords merupakan Accredited Register PANDI
Sejak 2016, Qwords telah menjadi Accredited Register PANDI untuk pendaftaran Nama Domain Indonesia.

- Tersedia Banyak Pilihan Eksistensi Domain
Qwords memiliki lebih dari 500 eksistensi nama domain dari dalam dan luar negeri. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika nama domain kamu sudah dimikiki orang lain karena di Qwords kamu masih bisa memiliki banyak pilihan.

- Domain Indonesia dan Internasional
Selain menyediakan eksistensi domain Indonesia, Qwords juga menyediakan eksistensi domain populer lainnya dari seluruh dunia.

Bagaimana? Sudah jelas bukan tips memilih nama domain? Kamu bisa langsung mempraktekkan tips diatas untuk memilih nama domainmu. Selamat mencoba!
Be First to Post Comment !
Posting Komentar