Top Social

Senin, 21 Oktober 2019

Konektivitas demi Terciptanya Pemerataan Pembangunan


Pembangunan infrastruktur khususnya dalam bidang transportasi menjadi salah satu elemen yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilakukan pemerintah, terutama Kemenhub. Berbicara tentang infrastuktur dalam bidang transportasi, tentu saja pembangunan ini akan meliputi transportasi darat, laut dan udara.

Kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan membuat infrastruktur transportasi menjadi hal vital yang harus diperhatikan pemerintah. Infrastruktur transportasi yang baik dapat mempermudah suplai barang dan jasa ke berbagai wilayah, dan pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di seluruh Indonesia. Selama lima tahun terakhir, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membangun berbagai sarana dan prasarana transportasi pada sektor darat, laut, dan udara di berbagai wilayah di Indonesia.

SUmber: BKIP Kemenhub

Berbagai pembangunan infrastruktur telah dilakukan baik diperkotaan maupun di pelosok desa. Selama periode 2014-2018, sebanyak 21 pelabuhan penyebrangan baru dibangun untuk menghubungkan daerah-daerah terpencil. Beberapa di antaranya adalah Pelabuhan Penyebrangan Kuala Tungkal di Jambi, Pelabuhan Penyebrangan Seba di Nusa Tenggara Timur, dan Pelabuhan Penyebrangan Amahai di Maluku.

Lain halnya dengan pelabuhan penyebrangan, perkeretaapian merupakan sarana transportasi yang banyak dimanfaatkan di perkotaan. Sarana ini juga semakin penting keberadaannya, terbukti dengan data jumlah penumpang kereta api dari tahun 2014-2108 yang mencapai 1.779.519.569 orang.

Pembangunan jalur kereta api termasuk jalur ganda dan reaktivasi tahun 2018 ditargetkan mencapai 366,60 km’sp. Pembangunan jalur ganda kereta api ini bertujuan untuk meningkatkan waktu tempuh dan meningkatkan kapasitas lintas kereta. Contohnya, dengan keberadaan jalur ganda, waktu tempuh kereta yang awalnya 100-120 menit akan menjadi 60-90 menit sementara kapasitas lintas akan meningkat dari 54 kereta api menjadi 114 kereta api.


Konektivitas untuk Pemerataan Pembangunan

Salah satu fungsi transportasi adalah untuk penghubung antar kawasan. Dengan semakin baiknya konektivitas antar kawasan ini maka akan semakin tercipta efisiensi. Hal ini tentu akan berdampak pada banyaknya pihak swasta maupun masyarakat yang bisa memanfaatkan kawasan tersebut. Dengan demikian pemerataan pembangunan akan semakin cepat dilakukan. 


Website kemenhub

Sosial media:
Twitter
Facebook
Instagram
Be First to Post Comment !
Posting Komentar